Sabtu, 21 Februari 2015

Benteng Pendem, Obyek Wisata Cilacap Peninggalan Belanda

Pintu masuk obyek wisata Benteng Pendem
Sisa-sisa peninggalan jaman kolonial masih bisa disaksikan. Dari Sabang hingga Merauke, tersebar berbagai peninggalan era kolonial. Mulai dari pabrik tua, waduk, jembatan, hingga benteng. Peninggalan sejarah tersebut kini banyak digunakan sebagai obyek wisata. Salah satunya yaitu obyek wisata Cilacap Benteng Pendem. Obyek wisata ini terletak 0,5 km dari bibir pantai Teluk Penyu. Jika anda akan berkunjung ke Teluk Penyu, anda dipastikan melewati tempat ini. Dalam bahasa Belanda, Benteng Pendem disebut dengan "Kusbatterij Op De lantong Te Tjilatjap". Awal mulanya, Benteng Pendem dibangun sebagai pertahanan tentara Belanda. Konon, dahulu terdapat terowongan bawah laut yang menghubungkan Benteng Pendem dengan Benteng Karang Bolong yang ada di Nusakambangan. (Baca: Wisata Budaya di Benteng Karang Bolong Cilacap Barat)

Sayangnya terowongan tersebut kini sudah rusak, karena kerap dilewati kapal-kapal tanker yang membawa minyak ke Pertamina Cilacap. Sedangkan bangunan benteng masih utuh, dan dapat anda saksikan hingga kini. Sebelum dijadikan obyek wisata Cilacap, Benteng Pendem digunakan sebagai markas TNI. Dahulu Benteng Pendem juga digunakan sebagai tempat latihan RKPAD (kini bernama Kopassus). Setelah diserahkan ke pemkab Cilacap, Benteng Pendem dipugar menjadi obyek wisata. Selayaknya benteng pertahanan, disini anda bisa menjumpai berbagai bangunan seperti gudang amunisi, barak, penjara, klinik, hingga ruang pimpinan. Antara bangunan satu dengan lainnya terpisah, meski jaraknya berdekatan.

Bagian dalam obyek wisata Benteng Pendem
Bagi anda yang akan berkunjung kemari, anda bisa menggunakan angkutan kota atau kendaraan pribadi. Jaraknya relatif dekat dengan pusat kota Cilacap. Di waktu libur pengunjung obyek wisata ini bisa membludak. Apalagi letaknya yang hanya berjarak kurang dari 1 km dari Pantai Teluk Penyu. Kebanyakan pengunjung setelah berkunjung kemari, mereka akan berkunjung ke Pantai Teluk Penyu, atau menyeberang ke Pulau Nusakambangan. Di Nusakambangan sendiri adna dapat menemui berbagai tempat wisata menarik seperti Pantai Karang Pandan, hingga Benteng Karang Bolong. (Baca: Berita terbaru: Pantai Karang Pandan yang Eksotis) Setelah anda wara-wiri menikmati obyek wisata Cilacap disini, anda bisa mampir mencicipi aneka kuliner khas Cilacap. Ada banyak warung makan dan cafe yang buka di sepanjang Pantai Teluk Penyu.
About Unknown

Pellentesque penatibus, sed rutrum viverra quisque pede, mauris commodo sodales enim porttitor. Magna convallis mi mollis, neque nostra mi vel volutpat lacinia, vitae blandit est, bibendum vel ut. Congue ultricies, libero velit amet magna erat. Orci in, eleifend venenatis lacus.

You Might Also Like

0 komentar:

Posting Komentar