Senin, 09 Februari 2015

Wisata Budaya di Benteng Karang Bolong Cilacap Barat

Pintu masuk Benteng 'Artileri' Karang Bolong 
Pulau Nusakambangan tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Pulau yang terletak di selatan kabupaten Cilacap ini terkenal sebagai penjara narapidana kelas kakap. Dibalik itu semua, Pulau Nusakambangan menyimpan potensi wisata yang besar. Salah satunya yaitu Benteng Karang Bolong Cilacap Barat. Benteng ini dapat anda kunjungi setelah menyeberang dari pantai Teluk Penyu ke Pulau Nusakambangan. (Baca: Pantai Teluk Penyu, Wisata Cilacap yang Menarik) Nelayan setempat menawarkan penyeberangan dengan harga yang terjangkau hanya 15 ribu rupiah saja. Sebaiknya anda membawa rombongan dalam jumlah yang besar ketika akan menyeberang kemari. Pasalnya jika anda hanya berdua, biaya sewa kapal akan jatuh lebih mahal. Paling tidak anda membawa rekan sebanyak 6 hingga 8 orang.

Biaya sebesar ini sudah termasuk pulang pergi. Anda akan dimintai nomor telepon untuk memudahkan proses penjemputan. Sesampainya disana, anda harus membayar biaya masuk sebesar 3.500 rupiah. Di Pulau Nusakambangan terdapat 2 tempat wisata yang menarik yaitu Pantai Karang Pandan dan Benteng Karang Bolong Cilacap Barat. Ada kesan mistis ketika pertama kali kemari. Benteng bercat putih yang sudah pudar ini terlihat tua namun kokoh. Menempati area seluas 6000 meter, dengan 3 bangunan benteng utama yang memiliki 4 tingkat dengan 2 lantai bawah tanah.


Salah satu sudut benteng.
Dahulu benteng ini di bangun oleh belanda pada tahun 1800an dengan tujuan pertahanan terhadap serangan musuh, dan kini sudah dialifungsikan sebagai tempat wisata. Pengunjung masih bisa menemui sisa-sisa peninggalan jaman kolonial. Ada beberapa ruangan yang ada di Benteng Karang Bolong ini, meliputi ruang rapat, barak prajurit, menara pengintai, penjara hingga ruang penyiksaan. Keberadaan meriam di Benteng Karang Bolong membuat benteng ini disebut juga dengan nama benteng artileri. Bagi anda pecinta wisata budaya, berkunjung ke Benteng Karang Bolong merupakan pilihan yang tepat. Sebagai informasi tambahan, anda tidak perlu khawatir jika hilang di tempat wisata Cilacap Barat ini. Pasalnya terdapat tim SAR yang telah mendata anda ketika pertama kali menginjakan kaki di pulau. Bahkan anda akan diseberangkan secara gratis oleh tim SAR tersebut.
About Unknown

Pellentesque penatibus, sed rutrum viverra quisque pede, mauris commodo sodales enim porttitor. Magna convallis mi mollis, neque nostra mi vel volutpat lacinia, vitae blandit est, bibendum vel ut. Congue ultricies, libero velit amet magna erat. Orci in, eleifend venenatis lacus.

You Might Also Like

0 komentar:

Posting Komentar