Jumat, 26 Desember 2014

Bagaimanakah Sejarah Asal-usul Wisata Baturraden?

Lokawisata Baturraden
Bagi anda yang berkunjung ke kota mendoan, tentu sudah tidak asing dengan Baturraden. Letaknya di kaki gunung Slamet membuat Baturraden selalu diselimuti hawa dingin. Tahukah anda sejarah asal-usul wisata Baturraden? Bagi anda yang asli Banyumas dan sekitanya, tentu tidak asing lagi dengan sejarah asal muasal tempat wisata ini. Namun bagi para pendatang, anda bisa menyimak sejarah singkat tempat wisata tersebut di bawah ini.

Nama Baturraden terdiri atas kata batur dan radin yang berarti tanah datar. Namun dapat diambil dari kata batur dan adi, yang berarti tanah yang indah. Ada 2 versi sejarah asal-usul wisata Baturraden. Versi yang pertama berasal dari Kadipaten Kutaliman, dan yang kedua dari Syekh Maulana Magribi. (Baca: Baturraden, Tempat Liburan Purwokerto yang Seru)

-          Versi kadipaten Kutaliman.
Versi ini menceritakan mengenai putri Kadipaten Kutaliman yang jatuh cintah kepada seorang gamet (pengurus kuda). Meski telah dilakukan sembunnyi-sembunyi, akhirnya hubungan itu tercium oleh sang Adipati. Akhirnya pasangan tersebut diusir, dalam perjalanannya mereka menemukan dataran yang indah. Dimana dataran tersebut dinamakan Baturraden oleh mereka berdua.

-          Versi Syekh Maulana Magribi.
Jalan menuju Lokawisata Baturraden
Syekh Maulana Magribi merupakan seoang keturunan Turki yang datang ke tanah Jawa. Setelah menyebarkan Islam, dia akhirnya menetao di desa Banjar Cahayana. Dia dijuluki juga dijuluki Mbah Atas Angin. Suatu ketika ia terserang penyakit gatal-gatal. Setelah sholat tahajud, dia mendapatkan petunjuk obat penyakitnya, maka ebrangkatlah ia bersama sahabatnya, Haji Datuk. Mbah atas angin akhirnya menemukan obat, berupa kolam pemandian air panas yang diberi nama ‘pancuran pitu’. Sedangkan nama Baturraden berasal dari nama Haji Datuk Rusuladi (Rusuladi berarti batu yang baik), yang setia menunggu Mbah atas angin ke ‘pancuran pitu’. Akhirnya tempat Haji Datuk menunggu disebut oleh penduduk sekitar dengan nama Baturraden.


Itulah sejarah asal-usul wisata Baturraden yang dapat anda ketahui. Kini Baturraden telah menjadi ikon wisata kabupaten Banyumas. Bagi anda yang mampir kesini, sempatkan juga mencicipi makanan asli yang banyak dijual di Baturraden, seperti mendoan atau keripik tempe.
About Unknown

Pellentesque penatibus, sed rutrum viverra quisque pede, mauris commodo sodales enim porttitor. Magna convallis mi mollis, neque nostra mi vel volutpat lacinia, vitae blandit est, bibendum vel ut. Congue ultricies, libero velit amet magna erat. Orci in, eleifend venenatis lacus.

You Might Also Like

0 komentar:

Posting Komentar